Media

paud al amin bumirejoMEDIA : Sesuatu yang bersifat menyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran, perasaan dan  kemauan sehingga dapat mendorong terjadinya proses pembelajaran pada anak didik

PENGGUNAAN MEDIA SECARA KREATIF:

Akan memungkinkan anak didik untuk belajar lebih baik dan dapat meningkatkan potensi yang dimiliki sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

(Asnawir dan Usman dlm Media Pembelajaran)

SUMBER BELAJAR :

Bahan termasuk didalamnya alat permainan untuk memberikan informasi maupun berbagai ketrampilan anak didik maupun guru.

(Anggani Sadono)

Karakter kreatif, produktif dan mandiri melalui  5 aspek pengalaman belajar

1) Exploring, merespon informasi baru, mengeksplorasi fakta-fakta dengan petunjuk sederhana, melakukan sharing pengetahuan dengan orang lain, atau menggali informasi dari guru, ahli/pakar atau sumber-sumber yang lain.

2) Planning, menyusun rencana kerja, mengidentifikasi alat dan bahan yang diperlukan, menentukan langkah-langkah, desain karya dan rencana lainnya.

3)  Doing/acting, melakukan percobaan, pengamatan, menemukan, membuat karya dan melaporkan hasilnya, menyelesaikan masalah.

4) Communicating, mengkomunikasikan/mempresentasikan hasil percobaan, pengamatan, penemuan, atau hasil karyanya, sharing dan diskusi.

5)  Reflecting, mengevaluasi proses dan hasil yang telah dicapai, mencari kelemahan-kekurangan guna meningkatkan efektivitas perencanaan.

KRITERIA PEMILIHAN MEDIA

—  Selaras dan menunjang tujuan pembelajaran.

—  Kesesuaian materi yang dengan media yang digunakan

—  Kondisi subyek belajar (usia, budaya, lingkungan )

—  Ketersediaan di sekolah.

—  Mendukung tujuan yang ditetapkan dapat dicapai secara optimal.

—  Biaya  yang dikeluarkan seimbang dengan hasil yang akan dicapai.

Alat permainan edukatif : Segala sesuatu yang dipergunakan untuk belajar anak yang dapat mengembangkan seluruh kemampuan anak dan digunakan dengan cara bermain

MANFAAT APE : Sebagai media, Sebagai dekorasi, Sebagai alat main.

APE DARI BARANG BEKAS : APE yang dibuat dari bahan yang sudah tidak terpakai lagi


Manfaat lain:

—  Ape yang dibuat cenderung lebih murah.

—  Anak  diajak ikut terlibat dalam pembuatannya.

—  Dapat disesuaikan dengan perkembangan anak.

—  Pendidik dituntut untuk selalu kreatif.

—  Mendukung pengurangan sampah, penebangan pohon.

BERDASARKAN BAHANNYA :

-          BUATAN: bahannya dibuat oleh manusia baik dengan cara manual atau buatan pabrik.

-          APE ALAMI : ape yang bahannya berasal dari alam

-          APE bahan campuran:

Prinsip Umum Pengembangan Kreativitas Menurut Karen Miller:

1. Jangan mengatakan pada anak apa yang harus diperbuat.

2. Fokuskan pada penyediaan bahan-bahan yang menarik. Alat permainan sederhana, kongkret, terkait dengan pengalaman langsung, atraktif, mengundang rasa ingin tahu, bermanfaat.

3. Biarkan anak-anak mengerjakan seluruh   pekerjaannya.

4. Kerjakan karya baik satu anak atau bersama-sama dengan beberapa anak.

5. Biarkan anak mengulang pengalamannya.

Pendekatan Pembelajaran :

—  Berorientasi pada kebutuhan anak.

—  Berorientasi pada prinsip-prinsip perkembangan anak.

—  Bermain melalui belajar.

—  Lingkungan yang kondusif.

—  Menggunakan pembelajaran terpadu.

—  Kreatif dan inovatif

—  Mengembangkan kecakapan hidup.

Prinsip Dasar Pembelajaran Anak Usia Dini

  • Anak secara aktif terlibat dalam melakukan   sesuatu atau bermain dalam situasi (terutama melalui proyek dan pusat-pusat belajar).
  • Kegiatan pembelajaran dibangun berdasarkan pengalaman dan minat anak.
  • Menghubungkan teori dengan praktek
  • Mendorong terjadinya komunikasi serta belajar bersama dan individual termasuk tutoring teman sebaya.
  • Mendorong anak untuk berani mengambil resiko dan belajar dari kesalahan.
  • Memperlihatkan variasi perkembangan anak.
  • Bersifat fleksibel.

Konsep Dasar Alat Permainan Edukatif:

1. Segala sesuatu yang digunakan untuk mengembangkan/mengoptimalkan semua potensi kecerdasan anak.

2. Dapat mendorong anak mau bermain sekaligus mengungkapkan berbagai ide, imajinasi, kreativitas dan emosi.

3.Tidak harus mahal, dapat dibuat dari bahan yang murah dan ada di lingkungan anak.

Persyaratan Alat Permainan:

  1. Mengandung nilai pendidikan
  2. Aman dan tidak berbahaya untuk anak.
  3. Warna dan bentuk menarik dilihat.
  4. Sesuai minat dan taraf perkembangan anak.
  5. Sederhana, murah dan mudah didapat.
  6. Ukuran dan bentuk sesuai dengan usia anak.
  7. Berfungsi mengembangkan kemampuan anak.

Cara Meningkatkan Inovasi

—  Memiliki visi untuk berubah

—  Memerangi ketakutan akan perubahan

—  Berani mengambil resiko.

—  Memiliki suatu rencana usulan yang dinamis

—  Mematahkan aturan.

—  Kolaborasi

—  Menerima kegagalan

—  Membangun prototipe

—  Bersemangat

Beberapa contoh bahan dari lingkungan terdekat yang bisa dipakai sebagai alat permainan:

  • Anggota tubuh.
  • Kertas koran.
  • Kertas.
  • Tali.
  • Kardus.
  • Daun-daunan.
  • Busa.
  • Kain dan alat jahit.
  • Tanah liat.
  • Bahan-bahan dapur,dll.
About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: